MENSYUKURI NIKMAT


Oleh: Ummu Mariah Iman Zuhair

Bismillahirrahmanirrahim, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi Salallahu’alaihi wassalam.

Marilah dengan ikhlas karena Allah kita baca secara seksama tulisan berikut ini.”

Ada seseorang ingin menjual rumahnya dengan maksud pindah ke rumah yang lebih baik. Lantas dia pergi menemui salah seorang temannya yang profesional dalam bidang pemasaran. Ia meminta bantuannya untuk mengiklankan rumahnya yang hendak dijual. Segera teman profesional ini -yang telah mengenal rumahnya dengan baik menulis materi iklan berkaitan dengan rumah tersebut secara rinci, dimulai dengan sanjungan; lokasi rumah yang strategis dan indah, ukuran luas, desain bangunan yang indah, taman yang elok serta kolam renang yang bagus dan seterusnya.
Setelah itu ia membacakan materi iklan tersebut kepada pemilik rumah yang sangat antusias mendengarkannya.

Selesai membaca iklan, pemilik rumah meminta kepadanya untuk mengulang kembali hingga ketika selesai pemilik rumah berteriak takjub: “Sungguh indah rumah itu, seumur hidup aku selalu memimpikan punya rumah seperti itu! Tapi aku tidak menyadari bahwa selama ini aku telah hidup dan tinggal di dalamnya hingga aku mendengar spesifikasinya darimu. Lalu dia tersenyum dan meminta kepada temannya agar tidak jadi mengiklankan rumahnya, ia menegaskan bahwa rumahnya tidak jadi dijual.

Ada satu adagium (pepatah atau ungkapan) klasik, hitunglah nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepadamu, lalu tulislah satu persatu, maka engkau akan merasa lebih bahagia daripada sebelumnya.

Kita lupa bersyukur kepada Allah, karena kita tidak memperhatikan segala nikmat serta tidak menghitung apa yang kita miliki. Yang kita perhatikan hanya kesulitan dan kesulitan sehingga yang ada hanya keluh kesah, sementara kita melupakan segala kebaikan yang kita asakan dan kita nikmati.

Kita mengeluh karena Allah menjadikan duri-duri di bawah bunga mawar, padahal yang lebih pantas adalah bersyukur kepadaNya, karena telah menjadikan bunga mawar di atas duri-duri.

Ada yang mengatakan, ‘Aku sangat tersiksa ketika aku bertelanjang kaki, akan tetapi aku banyak bersyukur kepada Allah, saat aku mendapati orang lain tidak memiIiki dua kaki.

Bagi-Mu lah segala pujian, wahai Tuhanku, hingga Engkau ridha, dan bagi-Mu segala puji saat Engkau ridha, bagi-Mu segala puji setelah keridhaan-Mu. Ridha-Mu kuharap terlimpah atasku.

Lihatlah betapa kasih sayang dan kelembutan Allah terhadapmu saat kau tidur…

Pikirkanlah tentang dirimu sekali saja, apa yang akan terjadi seandainya satu organ tubuh dan sekian banyak organ tidak berfungsi saat engkau tidur?

Saat engkau tidur Allah menjagamu dan menyelamatkanmu dari bahaya, maka pujilah Allah karena telah membolak-balikkanmu sekali dalam 7 menit untuk merubah posisi tidurmu, hingga kulitmu yang rentan tidak terkena iritasi.

Pujilah Allah atas nikmat katup pangkal tenggorokan (epiglottis) yang nembuka untuk mengeluarkan air liur kental yang terkumpul di dalam mulutmu saat engkau tidur, hingga engkau tidak tercekik dan tersedak air liur.

Pujilah Allah yang Maha Lembut Lagi Penyayang terhadap hamba-hamba-Nya atas nikmatnya mimpi buruk yang Allah Subhanahu wata’ala jadikan sebagai pembersih segala yang menjejali daya ingatanmu dan berbagai informasi dan permasalahan. Karena semua itu demi menjaga kelayakan akalmu.
Pujilah Allah atas nikmat selamatnya dirimu dan radang otak yang biasanya disertai demam tinggi saat bersamaan dengan tidur panjang, di mana setelah itu kamu tidak lagi merasakan ketenangan.

Pujilah Allah Ta’ala karena kamu tidak mengalami kegelisahan dan gangguan susah tidur (insomnia) serta halunisasi serta keresahan yang saling susul menyusul akibat mimpi buruk.

Pujilah Allah atas keselamatanmu dari serangan tidur tiba-tiba (parasomnia) yang akan menyebabkan anda tidur di mana saja dalam keadaan apa saja, baik ketika tidur, atau menyetir mobil atau ketika menaiki tangga.

Pujilah Allah atas keselamatan anda dari sindrom kaki resah (Restless Leg Syndrome -disingkat RLS) yang mengakibatkan dua kaki anda mengejang saat tidur.

Pujilah Allah Subhanahu wa ta’ala atas nikmat anda tidak mengompol saat tidur, yang terkadang juga menimpa sebagian orang dewasa.

Pujilah Allah Subhanahu wa ta’ala atas terhindarnya anda dari kekakuan persendian saat tidur sehingga tidak bisa digerakkan dan susah untuk masa yang berbeda-beda.

Pujilah Allah Subhanahu wa ta’ala atas teraturnya suara dengkuran anda, sehingga suara dengkuran anda tidak mengagetkan orang lain yang tidur di sebelah anda atau di kamar lain.

Pujilah Allah Subhanahu wa ta’ala atas segenap nikmat-Nya yang tidak akan habis, atas segala karunia-Nya yang tak terhitung, yang senantiasa menjaga anda waktu tidur, saat duduk, ketika bangun, dan menjaga anda dalam setiap keadaan.
Soal:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan YA atau TIDAK!
1.Apakah anda punya rumah tempat bernaung, tempat anda tidur serta makanan yang bisa anda santap?
2.Apakah anda punya uang di saku untuk memenuhi kebutuhan anda?
3.Apakah hari ini anda merasa sehat wal afiat?
4.Apakah anda pernah merasakan hidup dalam derita peperangan, pahitnya penjara atau pedihnya siksaan?
5.Apakah anda bisa melaksanakan shalat tanpa takut ditangkap, disiksa atau dipenjara?
6.Apakah kedua orang tua anda masih hidup, rukun tanpa perceraian?
7.Apakah anda bisa tersenyum dan mengucapkan alhamdulillah sekarang juga?

Jika anda menjawab YA pada pertanyaan pertama, berarti anda lebih kaya daripada 75% penduduk dunia.

Jika anda menjawab YA pada pertanyaan kedua, berarti anda termasuk dan 8% orang-orang terkaya di dunia.

Jika anda menjawab YA pada pertanyaan ketiga, berarti anda lebih baik daripada sejuta manusia yang tidak bertahan hidup lebih dan seminggu karena penyakit mereka.

Jika anda menjawab TIDAK pada pertanyaan keempat, maka anda lebih baik dari 500 juta orangdi muka bumi ini.

Jika anda menjawab YA pada pertanyaan kelima, maka anda berada dalam sebuah nikmat yang tidak pernah dikenyam oleh 3 milyar manusia.

Jika anda menjawab YA pada pertanyaan keenam, berarti anda termasuk orang yang langka.

Jika anda menjawab YA pada pertanyaan ketujuh, maka anda merasakan kenikmatan yang tidak banyak dilakukan orang sekalipun kebanyakan mereka mampu untuk itu.

Jika anda membaca pertanyaan-pertanyaan di atas, maka anda lebih baik dari dua milyar manusia yang tidak mampu membaca.

Jika anda ingin merasakan kehidupan yang baik, maka pujilah Allah dan bersyukurlah kepada-Nya, karena Dia-lah yang telah menciptakan anda dengan sebaik-baik penciptaan, serta mengistimewakan anda dengan akal.

Jika anda ingin merasakan kehidupan yang baik, pujilah Allah dan bersyukurlah kepada-Nya, karena Dialah yang menjadikan anda seorang hamba, pujilah Rabb Alam semesta yang menjadikan anda sebagai umat Nabi Muhammad Dia-lah yang telah menganugerahkan Islam tanpa anda minta sebelum anda menzalimi diri sendiri dengan memilih agama lain.

Jika anda mau merasakan kehidupan yang baik, maka pujilah Allah ketika beranjak tidur dengan penuh perasaan tenang dan nyaman, ingatlah bahwa masih ada orang yang tidak bisa tidur nyenyak, entah karena penyakit atau karena peperangan dan kefaqiran, atau karena bencana, atau karena penertiban yang menyebabkan mereka terusir, tidak bisa rnerasakan kehidupan yang tenang dan damai, bahkan tidur pun mereka tidak bisa.

Jika anda menginginkan kehidupan yang baik, pujilah Rabb anda saat terbangun dan tidur, karena Dia yang mengembalikan roh anda, sehingga anda bisa melakukan kebaikan yang bisa menambah daftar kebaikan anda. Seandainya Allah menahan roh anda -artinya mematikan anda- sekali-kali anda tidak pernah tahu kemanakah tempat kembali anda; nikmat abadi ataukah siksa tanpa henti.

Berdoa memuji Allah:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ.

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan menidurkan kami dan kepada-Nyalah tempat kembali.

رَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ

“Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan nyawaku dan mengizinkan aku untuk mengingat-Nya.”

Allahumma innii ashbahtu minka , fii ni’matin wa’aa fiyatin wa satrin faatmim ni’matika ‘alaiya wa’aafiyataka wasatroka fiddunyaa wal aakhirah.

“Ya Allah, sesungguhnya karena-Mu di pagi hari ini aku berada dalam nikmat, sehat dan tertutupi (aibku). Maka sempurnakanlah nikmat, keselamatan, dan
penutupan-Mu atas (aib)ku di dunia dan akhirat.”

Jika anda mengingmnkan kehidupan yang baik, pujilah Allah saat mendapatkan sesuatu yang bisa dimakan, karena banyak orang tidak mendapatkan sekedar yang bisa mempertahankan hidupnya, tidak menemukan makanan.

Jika anda ingin merasakan kehidupan yang baik, pujilah Allah ketika anda berdiri untuk shalat. Ini adalah kenikmatan dari sisi Allah yang memberikan anda kesempatan dan kekuatan untuk bisa menunaikannya. Hendaknya anda benar-benar bersyukur dan berdo’a kepada-Nya. Nikmat manakah yang lebih utama dan nikmat ini? Shalat adalah tiang agama, kunci sorga, dan shalat adalah pertemuan dengan Allah yang karenanya jiwa menjadi tenang terbebas dari kesusahan dan kesempitan dunia.

Jika anda ingin merasakan kehidupan yang baik, pujilah Allah saat Dia menunjukkan do’a kepada anda. Do’a adalah nikmat yang teramat agung. Mintalah karunia-Nya, karena Allah senang mendengar suara hamba-Nya dan cinta dengan seorang hamba yang memaksa (mengulang-ulang) dalam berdo’ a.

وَحُسْنِ عِبادَتِكَ اللَّهُمَّأعِنِّي على ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ

“Ya Allah, tolonglah aku untuk senantiasa bisa mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan memperindah ibadahku kepada-Mu.”

Jika anda ingin bahagia:

Jika anda ingin kehidupan yang baik, maka pujilah Allah ketika anda sakit,karena dengannya Allah mernbersihkan diri anda dari dosa-dosa, memberikan ampunan, serta menjadikan buku catatan anda putih bersih.

Jika anda ingin kehidupan yang baik, maka pujilah Allah saat anda tertimpa musibah, karena saat itu Allah dekat dengan anda, hendak meringankan dosa-dosa anda. Ingatlah setelah kesuiltan pasti ada kemudahan.

lngatlah bahwa “Seandainya bukan karena musibah-musibah di dunia, maka kita akan datang pada hari kiamat dalam keadaan pailit”.

Jika anda ingin kehidupan yang baik, maka pujilah Allah karena anda hidup di tengah-tengah keluarga, padahal banyak orang lain tidak mendapatkan nikmat ini, entah karena ia yatim, atau terpenjara, dalam pelarian, atau tertawan atau dalam perantauan dan lainya.

Jika anda ingin kehidupan yang baik, maka pujilah Allah saat anda mendengar kabar yang menggembirakan, sujud syukurlah, karena selain anda dalam keadaan cemas dan gelisah.

Jika anda ingin kehidupan yang baik, maka pujilah Allah karena Dia yang akan menghisab anda kelak di han kiamat, bukan orang lain. Karena Dia-lah Dzat Yang Maha Adil, Maha Bijaksana. Dia adalah sebaik-baik Hakim dan sebaik-baik Dzat Yang Maha Penyayang.

Allahumma haasibnii hisaaban yasiiran yaa allah yaa arhamarraahimiin

Seandainva yang menghisab anda selain Allah, bisa jadi dia akan berbuat zhalim, tidak akan merahmati, tidak memperlakukan anda secara adil, serta tidak akan memberikan hak anda. lngatlah bahwa rahmat Allah itu luas meliputi segala sesuatu.

Jangan lupa memuji Allah, karena anda termasuk orang mendapatkan surat ini – bisa saja anda memperbanyak dan menyebarkan surat ini untuk menyampaikan kebaikan kepada orang lain sehingga bertambahlah kebaikan anda ketika orang lain membacanya dan mengambil manfaat darinya. Pujilah Rabb semesta alam, karena anda tengah membaca risalah ni, karena jika Allah menghendaki, pasti anda akan mengucapkan alhamdulillah.

Ya Allah, bagimu segala puji sebagaimana yang layak bagi keagungan wajah-Mu dan kerajaan-Mu. Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu di dalam shalat dan do’aku keberkahan yang dengannya Engkau sucikan hatiku, Engkau singkap kesusahanku, Engkau ampuni dosaku, Engkau perbaiki urusan-urusanku, Engkau cukupkan aku dari kefakiran. Engkau hilangkan kesusahanku, engkau singkap kegundahan dan kegelisahanku, Engkau sembuhkan sakitku, Engkau lunasi hutangku, Engkau hibur kesedihanku, Engkau kumpulkan hajat-hajatku, dan Engkau putihkan wajahku.

Ya Allah, lindungilah aku dari fitnah dunia, dan tunjukilah aku kepada apa-apa yang engkau cintai dan ridhai. Teguhkanlah aku dengan ucapan yang teguh di dunia dan di akhirat. Jadilah Engkau sebagai pelindung, penjaga dan penolongku. Amin ya rabbal Alamin, (AR){*]

Qiblati ed 7 tahun 3




    Silahkan tinggalkan komentar disini :)

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: