MUTIARA DI NEGERI SALJU


Daratan skandinavia selalu menawarkan keindahan alam yang eksotis. Selain karena hawa dingin dan salju yang melimpah, daratan skandinavia juga menjadi tempat indah untuk melihat Aurora Borealis (Northern Light) dan Midnight Sun.

Keindahannya sungguh mengagumkan sehingga tak sedikit orang yang merelakan ratusan juta dolar untuk bisa berkunjung ke tempat ini.

Kini, keindahan Daratan Skandinavia, khususnya negara Norwegia semakin bertambah saat mutiara Islam merambah salah satu kotanya, Tromso. Kota Tromso adalah kota terbesar di wilayah bagian utara Norwegia. Per januari 2009 jumlah penduduknya mencapai 66.513 jiwa dengan agama mayoritas Kristen. Tapi, lambat laun jumlah umat Kristen di kota tersebut berkurang karena beralih memeluk islam. Paling tidak sudah 800 orang yang memeluk agama Islam pada 2009 dan jumlahnya terus bertambah hingga sekarang.

Banyak faktor yang menyebabkan Islam berkembang di Tromso. Salah satu diantaranya karena keberadaan pusat keislaman bernama Alnor Center. Alnor Center merupakan pusat dari kegiatan Yayasan Alnor yang bergerak dalam bidang keagamaan di kota Tromso. Bangunannya tak besar dan megah plus tanpa kubah seperti layaknya Islamic Center. Walau demikian, para pengunjung Islamic center Alnor Center tetap merasakan kenyamanan dalam beribadah dan belajar. Ini dikarenakan Alnor Center menawarkan kenyamanan tempat ibadah yang baik dan nyaman. Ruang sholat tertata dengan baik dan didukung soundsystem yang mencukupi. Ruang ibadah tersebut juga dipisah menjadi 2 bagian sehingga antara jamaah putra dan putri tidak bercampur. Hebatnya lagi, konsep pemisahan antara jamaah putra dan putri sudah diberlakukan sejak pengunjung masuk Alnor Center. Disediakan pula kids corner.

Alnor Center juga menawarkan inspirasi semangat kepada kita di Indonesia. Dari Islamic corner kota Tromso tersebut kita bisa belajar semangat dalam menegakkan kalimat tauhid dan berburu ilmu syar’i. Mereka yang aktif di Alnor Center sering sekali mengadakan berbagai pelatihan dan kajian keilmuan. Contoh pelatihan yang mereka adakan secara rutin adalah kursus menjahit bagi para muslimah. Mereka berharap dengan adanya pelatihan ini para muslimah mampu memiliki pendapatan untuk diri dan keluarga. Adapun kajian-kajian keislaman yang rutin dilakukan adalah kajian bahasa Arab dan halaqah-halaqah keilmuan. Tak jarang, ulama-ulama dari berbagai Negara juga diundang untuk mengisi kajian-kajian keilmuan sehingga ilmu syar’I semakin menyebar di tanah Arctic Circle.

Semoga semangat para muslimin di Tromso dengan segala keterbatasannya menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berbuat lebih demi kejayaan agama di negeri ini (adin)

***diketik ulang dari majalah elfata edisi 10 vol 10 tahun 2010

untuk https://enkripsi.wordpress.com




    Silahkan tinggalkan komentar disini :)

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: