MAHAR (Kisah Nyata tentang Mahar Terindah berupa TAUHID)


Aku bertemu suami hampir sebelas tahun lalu semasa semester akhir di perguruan tinggi. Awal yang tak sengaja, saat aku kena tilang (Istilah untuk pelanggaran aturan lalu lintas) di jalan sepulang kuliah. Suami lah yang kala itu menilangku. Karena tergesa-gesa pulang, helemku yang usai dipinjam teman ketinggalan di parkiran kampus. Seminggu berikutnya, aku kena razia lagi, gara-gara lupa membawa SIM. Itulah aku, masih muda tapi pelupa. Belum lagi kebiasaanku yang ceroboh dan asal taruh makin menambah daftar hitam “sifat burukku”. Bapak dan ibu sering sekali menegurku. Dan saat razia ini lagi-lagi aku berhadapan dengan polisi yang sama. Ya suamiku itu. 

“Saudari tidak malu kena tilang terus?” Tanyanya kala itu sambil senyum-senyum. 
Ya, malu pak. Bapak juga nggak bosen nilang saya?” Jawabku sekenanya. 
Dia dan beberapa temannya tertawa. Aku diam-diam merasa dongkol. Siapa yang pingin lupa dan siapa juga pingin kena tilang? Aku menggerutu dalam hati. 

Pertemuan ketiga terjadi saat tak sengaja ketemu. Suamiku yang kala itu masih bujang, dia belanja ke pasar! Ini benar-benar kejutan. Laki-laki pergi ke pasar, masih berpakaian dinas lagi. Ia begitu “pede” dan tampak terbiasa melakukannya. Saat aku masih terbengong melihatnya, dia melihat dan mendekatiku.

“Apa kabar, Mbak. Belanja ya?” sapanya ramah. 
Ya, nganter ibu. 
Belanja juga ya, Pak?” 
Biasa kok, belanja titipan itu. Jangan panggil saya pak. Nama saya Suryo.” Aku manggut-manggut. 

Aku sempat “dekat” dengannya selama tiga bulan. Qadarullah, saat itu aku mulai kenal Islam lebih dekat. Awalnya saat persiapan skripsi, aku harus “mendadak” jadi anak kost. Tujuanku untuk hemat energi dan bisa lebih konsen dalam mempersiapkan makalah. Kebetulan setelah mencari kos kian kemari, yang kosong cuma “kos-kosan ninja”, kata teman yang membantu mencari kos. Awalnya aku enggan dan tak berminat. Ternyata hikmah dan “skenario langit” itu kusadari kini. Musim hujan yang sering turun kala itu, juga membuatku tak bisa menolak untuk tidak kos di sana. Intinya, Allah tak memberiku pilihan lain. Meski awalnya asing bersama “ninja” tapi akhirnya, syukur alhamdulillah, tak pernah henti-henti kuucap.

Dari gaul dengan teman-teman akhwat itu, aku tahu kenapa tak ada istilah pacaran dalam Islam. Padahal, hampir tiga bulan aku di kos-kosan itu. Tiap malam Ahad aku “diapelin”. Astaghfirullah, malurasanya bila ingat itu.

Akhirnya, aku memutuskan baik-baik hubunganku dengannya. Meski awalnya ia tak mau. Aku memberinya pengertian dan asal pembaca tahu, suamiku saat itu masih non muslim. Ia Katholik taat. Bahkan, aku sening mengantarnya ke gereja. Itu kulakukan karena saat itu pemahaman agamaku sangat minim. 

Sedih. Tentu dan itu pasti, Tapi aku telah memilih “jalan baru”. Aku hapus semua tentangnya, dari foto, nomor HP atau segala hal yang berhubungan dengannya. Hatiku ringan karena niatku semata merigharap nidha Allah. Skripsiku pun berjalan lancar. Dan saat wisuda IP-ku sangat memuaskan. Walhamdulillah. 

Selesai kuliah, aku minta ijin ortu untuk tetap tinggal di kost. Itu kulakukan untuk menjaga ghirah dan istiqamah. Maklum, aku baru hitungan bulan mengenal manhaj ini, jadi butuh lingkungan yang mendukung. Aku tak yakin bila di rumah, sebab di numah bapak membuka rental PS (Playstation).

Rumah kecilku biasa jadi tongkrongan anak-anak dan remaja. Aku merasa tak nyaman di rumah. Untuk melarang bapak pun aku tak berani.

Untuk biaya hidup, aku mengajar. Hingga delapan bulan dari kelulusan. Sebuah sms kuterima dari Suryo. Padahal aku sudah ganti nomor handphone. Rupanya ia minta ke orang tuaku.

Pesannya singkat, “Maukah kau menikah denganku?”

Ya Allah pria ini masih saja mengharapkanku. Padahal aku telah membuang jauh tentangnya. Aku hapus SMS-nya, tanpa kubalas.

Malam Ahad, seperti biasa aku pulang ke rumah. Dan yang mengejutkanku Suryo mencariku. Penting kata bapak. Kepada bapak Suryo bilang ingin melamarku. Ia juga titip susuatu untukku. Amplop besar kubuka selepas Suryo pulang. Masya Allah, isinya adalah SK beberapa surat keterangan dari atasan hingga kantor pusat mengenai kepindahan agamanya. Surto telah menjadi mualaf.

Air mataku berlingang, tangisku pecah. Ternyata begitu putus dariku, ia langsung mengurus surat pindah agama pada kantor dinasnya. Yang luar biasa, ia juga belajar dien mulia ini pada sebuah kajian salaf, subhanallah. Kuharap kepindahan agamanya semata karena Allah.

Akhirnya kuberi jawaban “ya” pada suryo lewat bapak. Kami baru bisa menikah beberapa bulan kemudian, karena harus menyelesaikan beberapa urusan terkait dinas.

Mahar terindah untukku adalah keislamannya. Sepanjang pernikahan itu aku tak henti berurai airmata, airmata bahagia. Bayangkan, usai akad nikah, 5 dari 7 saudara Mas Suryo juga menjadi mualaf-mualaf baru menyusul Mas Suryo. Walhamdulillah. Bapak dan ibu Mas Suryo tak bermasalah. Bahkan beliau berdua dekat dengan kami siang malam. Tak henti kumohon pada Allah agar memberi hidayah pada beliau berdua. Apalagi bila kuingat begitu luar biasanya baiknya mereka padaku, pada besan, pada keluarga, tetangga juga lingkungan sekelilingnya. Aku selalu berharap hidayah itu datang, amin.

Kini, kami sudah punya dua momongan. Aku dan suami selalu berangkat taklim bila ia tak dinas. Harapanku, keluarga yang kami bangun langgeng, sakinah mawaddah wa rahmah. (***).

 
Sebagaimana diceritakan shahibul qishah pada Ummu Nawwaf

sumber : Majalah NIKAH SAKINAH vol 9 no 12


  1. nVidia

    sungguh terharuuuuuuu…

    oweeeekkk..oweeeeekkk..oweeeeeeeeeekkkkk😥

    Like

    • kok harunya oekk.. oekk

      Like

  2. la ode armhand5

    askum..bang,kisahxa bagus.
    bca Kisah2 ttg nikah jd ingin c4 nikah(tp krn allah swt,lho)..
    Sayangnya msh menunggu SK,Jka dh ada mungkin pikran nikah bakal lbh kuat lg..tp,ntar ah 2th lg jk sdh pas usia ana 23th…heeehee

    Like

    • walaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
      bener, bagus banget kisah yang satu ini
      ane dukung deh cepet nikah
      ntar nunggu SKnya bareng2 ma istri😉
      btw SK CPNS yaw?

      Like

      • la ode armhand5

        SK Calpeg d BUMN….Hehee tnggal nunggu pengumuman sja..,

        Like

      • semoga sukses, barokallahufik

        Like

    • rio

      bagi umat islam mmprcepat prnikahan itu baik, slah satux mnjalankan sunah N mnghindari diri dari fitnah dn zinah..

      Like

      • sip, setuju😉

        Like

  3. la ode armhand5

    alhamdulillah d doakan ,
    syukron bang…

    Like

  4. lena

    subhanallah..ALLAHHUAKBAR!ak bc critany mpe nangis lo..prnikahan sprt it yg ak imvkn ruma tngg sakinah mawaddah warahmah

    Like

    • kisah ini bener mangagumkan
      semoga palaku kisah nie diberkahi dan manjadi keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah
      ant juga, amin

      Like

  5. puput

    subhanallah.., terharu membacanya, kisah yg sangat mginspirasi.., really…if everything has been written down, so why worry?

    Like

    • thats right, always be optimist n positif thinking
      quote from the holly qur’an >> “And it may be that you dislike a thing which is
      good for you and that you like a thing which is bad for you. Allah
      knows but you do not know.” (AI-Baqarah, 2:216)

      Like

  6. liliksetyowati

    Bagussssssss bangett…hemmmm Amazing..!! tapi kenapa kok masih aja salah ketik siiihh….:( jangan lupa direvisi ya..hihihi

    Like

    • right, wonderfull…
      maaf deh, insyaallah kedepan lebih baik😉

      Like

  7. eera

    Indahnya kisah ini membuat ana terharu jd pgn nikah dueh v semata karna Allah tuk menghindari fitnah dunia eh isi dunia

    jazakallah tuk penulis bi khoiran jaza al hasanah insyaAllah.

    Like

    • baiklah semoga bisa segera ketemu jodhoh yang terbaik n membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah
      serta bisa mencetak generasi rabbani ahli surga, amin
      waiyakum, barakallahufiik😉

      Like

  8. Hasnah Ibtisamah

    Masya Allah…
    kisah yang bagus akh…
    sambil menyelam minum air ^^, mungkin peribahasa itu sangat cocok…
    hasnah kapan yach ???
    padahal sudah sangat ingin mnyempurnakan setengah dien ini, tapi jika Allah belum berhendak, mau di paksaian gmnapun juga gag akan jadi…
    yag, yang penting ikhtiarnya, mentarbiyah diri dulu…🙂

    izin copas untuk page hasnah di FB yach akh…
    sekalian kisah2 yg lainnya juga dach…
    suka dengan blog ini, gag ribet ^_^
    hehehehe…
    jazakallah khairan..

    Like

    • Iya silahkan di sebarkan artikelnya
      Jangan lupa menyantumkan sumber untuk amanah ilmiah
      Baiklah a doakan semoga ant bisa segera menggenapkan separuh din
      Mendapat jodhoh yang shalih dan sayang keluarga
      Menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah
      Serta dapat mencetak generasi rabbani ahli surga n bisa mengantarkan orang tuanya ke surga pula, amin😉

      Like

      • Hasnah Ibtisamah

        Aamiin Allahumma Aamiin…
        syukron akh…
        hehehe

        Like

  9. anonym

    SubhanAllah..
    lumayan buat dakwah dengan cerita🙂

    Like

    • He em..
      Btw kisah nyata lho itu
      Jd tambah glek😉

      Like

  10. fied

    subhanalloh ,,,,,sungguh menyentuh hati banget kisah di atas ,,,,,,semoga aLLah slalu memberikan rahmat dan hidayahnya ,,,,,AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII

    Like

    • amin ya rabb kabulkanlah doanya
      aamiin😉

      Like

  1. 1 Kisah Nyata | enkripsi

    […] MAHAR (Kisah Nyata tentang Mahar Terindah berupa TAUHID) […]

    Like

  2. 2 kumpulan kisah nyata yang sangat menyentuh hati « Sesungguhnya Pacaran Adalah Perbuatan Keji Dan Haram. Maka Jangan Pacaran Agar Selamat Dunia Akherat. (silahkan add Facebook: tundher_cary@yahoo.com & ainuamri2@gmail.com )

    […] MAHAR (Kisah Nyata tentang Mahar Terindah berupa TAUHID) […]

    Like

  3. 3 cerita cinta – kumpulan cerita cinta – kisah cinta – cerita romantis – kisah romantis – cerita mesra – kisah mesra – love story – cerita fiksi – cerita keluarga – kisah keluarga – cerita ro

    […] MAHAR (Kisah Nyata tentang Mahar Terindah berupa TAUHID) […]

    Like

  4. 4 kumpulan kata-kata cinta terindah – kata romantis – kata kata mutiara – kata mesra – kata kata bijak – ayat ayat cinta – motivasi – kata cinta « Sesungguhnya Pacaran Itu Haram Hukumnya. Maka Jangan Pacaran A

    […] MAHAR (Kisah Nyata tentang Mahar Terindah berupa TAUHID) […]

    Like

  5. 5 cerita cinta – kumpulan cerita cinta – kisah cinta – cerita romantis – kisah romantis – cerita mesra – kisah mesra – love story – cerita fiksi – cerita keluarga – kisah keluarga – cerita ro

    […] MAHAR (Kisah Nyata tentang Mahar Terindah berupa TAUHID) […]

    Like

  6. 6 KUMPULAN KISAH NYATA | enkripsi

    […] MAHAR (Kisah Nyata tentang Mahar Terindah berupa TAUHID) […]

    Like




Silahkan tinggalkan komentar disini :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: