HATI JERNIH CINTA PUN JERNIH


Ketika saudara atau teman meraih nikmat pantasnya kita juga turut senang. Bukan malah sebaliknya,  merasa susah karena orang lain dapat nikmat lebih darimu. Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wassalam pernah berpesan, “Janganlah saling menjatuhkan dan berselisih, dan janganlah saling membenci dan mendengki. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara” (Riwayat Al Bukhari)

Sangat bodoh jika mementingkan diri sendiri dan mengharapkan orang lain menderita kerugian, hanya karena diri belum memperoleh kebaikan seperti yang diraih oleh orang lain. Atau bagian dunia belum setara dengan yang dimiliki orang lain, menjadi dengki, karena harapannya pupus sementara orang lain justru berhasil. Ini adalah malapetaka besar yang menghancurkan jiwa dan mengorbankan penyakit kedengkian.

Karena umpan inilah setan leluasa untuk menyalakan api permusuhan dan kebencian di dalam hati. Apabila api ini telah berkobar maka setan menikmati berkobarnya kedengkian manusia di masa kini dan masa yang aka datang. Akibatnya hubungan kecintaan antara sesama muslim pun terkoyak dan keutamaan di antara mereka sirna.

Salah satu indikasi adanya adu domba antar manusia adalah kedengkian yang terkutuk, yaitu harapan agar kenikmatan orang lain sirna. Dengki merupakan penyakit hati. Terletak jauh di dalam diri. Kedengkian menyusupkan keburukan di dalam hati. Barangsiapa menanam keburukan di dalam hatinya, maka ia akan menuai buah yang rasanya pahit. Sebagian besar kedengkian terjadi antar kawan dekat  atau orang yang hampir serupa dalam rupa, sifat, profesi, pekerjaan atau aktivitas…

GARA-GARA TIPUAN DUNIA

Penampilan dunia seringkali memperdaya. Ia mengoyak cinta antar manusia. Padahal hakikat dunia itu yang seperti diungkapkan oleh Ibrahim bin Adham. “Rabb kita mencela dunia, namun kita justru memujanya. Dia membencinya, namun kita justru mencintainya. Dia juga bersikap zuhud terhadapnya, namun kita justru mementingkannya dan senang mencarinya”,aparnya.

Tidak masuk tanda-tanda cinta bila kamu mencintai hal yang dibenci oleh kekasih kamu. Manusia selalu menginginkan kemajuan, namun cara mencarinya bukanlah dengan menghancurkan orang lain.

Apabila kamu ingin merasakan cinta orang lain pada diri kamu, maka biarkanlah orang tersebut merasakan apa yang ada di hadapannya.

Al Hasan berkata,”Kamu senantiasa mulia dalam pandangan masyarakat dan orang-orang pun senantiasa memuliakanmu selama kamu tidak menginginkan apa yang ada di tangan mereka. Karena apabila kamu melakukannya, maka mereka akan merendahkanmu dan tidak menyukai kata-katamu serta membencimu”.

Ayyub Sikhtiyani berkata,”Seseorang tidak akan diterima selama belum memiliki dua sifat. Yaitu menjaga kehormatan dirinya dari segala yang dimiliki oleh masyarakatnya. Dan memaafkan apa yang dilakukan oleh mereka”.

Dengan demikian barangsiapa memandang yang dimiliki orang lain, maka mereka akan membencinya karena hal itu merupakan sesuatu yang mereka cintai. Orang yang menuntut sesuatu yang dicintai orang lain maka ia akan menuai kebencian. Sebaliknya orang yang bersifat zuhud terhadap apa yang dimiliki orang lain dan menjaga kehormatan dirinya dari mereka, maka orang lain akan mencintai dan memuliakannya.

Penduduk sebuah kampung di Basra pernah ditanya oleh seseorang tentang siapa pemimpin desa mereka.

“Hasan”, jawab mereka.

“Apa alasannya dia dijadikan pemimpin oleh masyarakat?”, tanya orang tadi.

“Masyarakat membutuhkan ilmunya, sementara dia tidak memerlukan dunia mereka”, papar mereka.

Imam Ahmad pernah bertanya pada Hatim Al Asham.

“Beritahu aku tentang cara agar selamat dari gangguan masyarakat?” tanya beliau.

“Dengan tiga cara. Kamu memberikan sebagian hartamu kepada mereka tanpa mengambil sedikitpun harta mereka. Kamu menunaikan hak mereka tanpa menuntut hak dari mereka. Kamu bersabar atas gangguan tanpa mengganggu mereka”, paparnya.

Oleh karena itu, harus langsung melawan perasaan dengki begitu muncul di dalam hatimu.

Para ulama memberikan nasehat, ”Sesungguhnya orang yang berakal apabila terlintas dalam pikirannya perasaan dengki terhadap saudaranya, maka ia harus menutupi di dalam dadanya, dan meninggalkannya setiap kali pikiran semacam itu muncul”.

Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam pun mengajarkan doa dalam dzikir pagi dan petang.

“Ya Allah, setiap kenikmatan yang ada padaku ataupun pada salah satu di antara makhlukMu adalah berasal dariMu semata, maka segala puji bagiMu”.

Teladanilah petuah Hatim Al Asham,

“Aku melihat ciptaan Allah, maka aku menyukai satu orang dan membenci satu orang. Ternyata orang yang aku sukai tidak memberi apa-apa padaku dan orang yangaku benci tidak mengambil sesuatu pun dariku. Sehingga aku bertanya dalam hati, ”Dari mana ini datang?” lantas aku menyadari bahwa hal itu berasal dari kedengkian. Maka aku pun mengusir kedengkian dari dalam hati, sehingga aku mencintai semua orang. Segala hal yang aku tidak rela menimpa diriku, juga tidak aku relakan menimpa mereka”.

Dengki HILANG, CINTA pun Berkembang

Sumber : Elfata edisi 12 vol 9


  1. gittagorgeous

    Waah..update terus nih! syukron akhi infonya..

    Like

    • ya alhamdulillah ada waktu n kesempatan update, btw thanks coment n visitnya

      Like

  2. la ode armhand5

    dpat bxak pengetahuan lg…

    Like

    • semoga bermanfaat
      thanks bgt dah untuk kunungan n comentnya

      Like

  3. uBay566

    ane share lg, Akh…..
    lanjutkan…. 😀

    Like

  4. uBay566

    mantaph…..
    ane share lg ya, Akh….

    lanjutkan…!!! 😀

    Like

    • uBay566

      waduuwww… trnyta uda msk comment nya….
      jd double….. hihihihiiii

      Like

      • ni sudah coment banyak kali
        harus share ke banyak orang juga lhuooh😉

        Like




Silahkan tinggalkan komentar disini :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: