Kakek Tua Pemberi Inspirasi


Seorang kakek tua sering lewat dirumahku (tepatnya di rumah ortuku🙂 ) di kampung halaman sungguh sangat hebat. Setiap pagi ia selalu membawa kayu dengan cara di “panggul” (cara membawa barang diletakkan diatas punggung dengan dua beban kanan dan kiri, atau depan dan belakang). Beliau membawanya berjalan kaki menempuh kurang lebih 4-5 kilometer setiap hari.

Kadang a iba juga melihatnya sekaligus takjub dengan semangatnya dalam mencari nafkah. Ya, kayu-kayu tersebut merupakan kayu bakar yang akan di jual kepada pemesan untuk bahan bakar. Sudah barang tentu pemasukan dari penjualan kayu tersebut tidak seberapa, mengingat trend rumah tangga sekarang yang telah beralih dari bahan bakar konvensional seperti kayu dan arang, juga bahan bakar minyak ke bahan bakar gas yang secara ekonomis lebih murah serta praktis dan bersih. Namun memang benar bahwasanya setiap makhluk ini ada rizkinya masing-masing. Pun demikian dengan  kakek tersebut. Ia tetap mendapatkan pembeli yang setia dengan kayu bakarnya.

Perjuangan beliau tidak hanya sampai disitu saja, saat pulang kulihat pula ia membawa rumput yang sangat banyak di kepalanya. Rumput segar untuk ternaknya mungkin, atau ternak orang lain yang dititipkan kepadanya barangkali. Salut… sekali lagi a sangat salut pada beliau. Sebuah usaha, kerja keras dan tawakal yang patut dicontoh. Usaha untuk mencari nafkah secara halal dengan usahanya sendiri.

Melalui kakek ini pula a jadi bisa lebih bersyukur lagi atas nikmat yang telah Allah Ta’ala berikan. Dengan melihat ke bawah dalam hal duniawi menjadikan kita tidak silau dengan gemerlap duniawi dan bersyukur dengan apa yang kita dapatkan dan kita punya.

Untuk kakek dalam tulisan ini a ucapkan jazakumullah khairan katsir telah memberikan inspirasi tentang tanggung jawab seorang kepala rumah tangga dalam hal nafkah, kerja keras, tawakal dan rasa syukur terhadap nikmatNya. Serta untaian senyum tulus dan sapamu kepada orang-orang yang kau temui dijalan tiap kali engkau berangkat kerja membawa kayu dan pulang kerumahmu membawa rumput.

Rabb… berikanlah keberkahan dalam setiap usahanya…


  1. sandy im

    sosok yang sederhana dengan jiwa yang luar biasa

    Like

    • ya mbak, motivator sejati

      Like

  2. kejadian2 di sekitar kita banyak sekali yg dapat kita jadikan pembelajaran, bagi yg mau berfikir…

    Like

    • iya betul banget
      ternyata banyak hikmah yang bisa kita ambil di kejadian di sekitar kita

      Like




Silahkan tinggalkan komentar disini :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: