Mengenal SPF


SPF atau Sun Protection Factor udah banyak yang tau ya…? Setidaknya bagi para wanita ini sudah sangat biasa kedengarannya, bagi yang masih bingung, ini terdapat pada kosmetik yang dipakai untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari. Banyak jenis SPF, ada SPF 15, SPF 30, bahkan sekarang ada SPF 70. SPF atau Sun Protection Factor dikenal sejak tahun 1962 yang digunakan untuk mengukur efek sunscreen terhadap sinar UV. Sunscreen digunakan untuk melindungi kulit kita dari sinar UV dari kerusakan.

Sinar UV terdiri dari UVA dan UVB. UVB dapat menyebabkan kulit kita terbakar sinar matahari, sedangkan UVA memiliki waktu yang lebih panjang untuk merusak kulit.Lalu apa maksud SPF 15, SPF 30 atau SPF 70 ?? Sebagai contoh SPF 15 artinya jika kita telah terpapar sinar matahari selama 10menit, SPF 15 akan melindungi kulit kita dari kerusakan (akibat terbakar sinar matahari) selama 150 menit, begitu juga dengan SPF 30 dan SPF 70.

SPF yang lebih tinggi berarti memiliki waktu yang lebih banyak bisa terpapar sinar matahari. Hal ini juga menggambarkan persentase sinar UVB yang diserap, tetapi nomor dari SPF ini tidak bertambah secara eksponensial. Sebagai contoh SPF 15 menyerap 93,3 % sinar UVB tetapi SPF 30 dapat menyerap 96,7%. Ini berarti jika nomor dari SPF dilipatgandakan maka angka serapnya meningkat sebanyak 3,4 %.

SPF % UV
absorbed
2 50
4 70
8 87,5
15 93,3
30 96,7
50 98

Satu hal yang perlu diketahui, walau pada beberapa produk sunscreen di labelnya bertuliskan ”waterproof” atau ”sweatproof”, ini tidak menjamin. Efektivitas dari sunscreen akan berkurang dengan adanya air ataupun keringat. Tips dalam memakai sun protection:

  1. Kenali dirimuJika anda seorang yang sangat putih (mungkin lebih putih dari kertas putih??) atau anda mempunyai riwayat keluarga kanker kulit, atau sangat sensitiv terhadap sinar matahari atau obat, gunakanlah sunscreen dengan broad spektrum luas (SPF tinggi) dan gunakanlah sesering mungkin
  2. Nomor SPF mengindikasikan kekuatannya dalam melindungi kulit terhadap UVB, tapi banyak sunscreen, walau dengan high SPF, sinar UVA juga diserap oleh kulit. Pilihlah sunscreen dengan broad spectrum luas (memiliki UVA protection).
  3. Agar efektif, gunakan sunscreen 15-20 menit sebelum kulit kita terpapar sinar matahari
  4. Jika anda berkeringat, atau berenang maka gunakan sesering mungkin untuk menjaga keefektifan dari sunscreen

Selamat mencoba…Semoga bermanfaat

Sumber : howstuffworks.com

http://jilbab.or.id/archives/14-mengenal-spf/




    Silahkan tinggalkan komentar disini :)

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: