MENGECILKAN UKURAN FILE PDF


HomeSaat ini di era teknologi informasi yang semakin maju kita dimudahkan dalam banyak aspek. Kemudahan tersebut diantaranya adalah penyimpanan data dan berkas pribadi dalam bentuk soft file dengan beragam bentuknya. Jenis file yang paling sering kita gunakan antara lain adalah Portable Document Format atau sering dikenal dengan PDF.

Tipe File PDF telah menjadi standar oleh Organisation Internationale de Normalisation (ISO) sejak 1 Juli 2008. Selain itu file jenis PDF mempunyai keamanan yang cukup baik karena tidak mudah untuk dilakukan pengeditan. Namun terkadang kita kesulitan untuk mengecilkan ukuran file PDF sesuai yang kita inginkan. File ukuran kecil sering disyaratkan pada pengunggahan di situs online seperti Elektronik Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (ePUPNS), Aplikasi Indeks Kinerja Dosen (IKD), Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD DIKTI), Sistem Kepegawaian dan lain sebagainya. Untuk itu pada kesempatan ini akan saya sampaikan beberapa cara mudah mengecilkan ukuran file PDF baik secara online melalui situs yang disediakan oleh pengembang maupun secara offline dengan aplikasi yang diinstall pada komputer kita.

  1. Mengecilkan ukuran file PDF secara online
    Situs online yang menyediakan jasa pengecilan ukuran PDF secara gratis antara lain adalah web SmallPdf dengan alamat http://smallpdf.com/compress-pdf. Langkahnya cukup mudah yaitu hanya dengan mengupload file kita di halaman yang tersedia, kita tunggu beberapa saat, dan setelah selesai bisa kita download file hasil pengecilan.
  2. Mengecilkan ukuran PDF secara offline
    Aplikasi untuk mengecilkan ukuran PDF yang bisa dinstall di komputer kita salah satunya adalah ORPALIS PDF Reducer Free. Master aplikasi ini dapat diunduh di http://www.orpalis.com/products/pdfreducer/download/ tersedia dalam dua versi yaitu versi pro atau berbayar dan versi gratis. Untuk ulasan kali ini adalah langkah mengecilkan ukuran PDF dengan aplikasi ORPALIS PDF Reducer versi gratis. Versi gratis ini memang ada beberapa keterbatasan seperti munculnya pesan tambahan dan tambahan waktu menunggu saat program dijalankan serta belum mendukung pemrosesan untuk banyak dokumen, namun untuk fitur yang tersedia tidak banyak berbeda dengan versi berbayar. Langkah-langkah dalam menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut :a. Unduh master aplikasi versi gratis di http://www.orpalis.com/products/pdfreducer/download/
    b. Install master PDF Reducer free yang sudah di unduh
    c. Buka aplikasi ORPALIS PDF Reducer 2.0.4 Free
    d. Lakukan setting awal yaitu mengubah opsi membuka folder yang merupakan setting bawaan menjadi opsi  membuka file. Langkahnya silahkan buka menu “Options”, kemudian klik tab “General”, pada “Input mode” dipilih “Files Selection”. Setting ini hanya dilakukan sekali saja setelah diinstall.
    e. Untuk mengecilkan ukuran PDF silahkan kembali ke halaman utama program ini, pilih file melalui isian “Source” dan atur juga isian Destination.
    f. Klik tombol “Start Batch” maka proses kompresi PDF akan segera berjalan selama beberapa detik dan setelah selesai akan ditampilkan informasi file dan ukuran yang sudah di proses
    g. File hasil pengecilan ukuran dapat dilihat di folder sesuai “Destination” yang anda masukkan

Keunggulan aplikasi ORPALIS PDF Reducer 2.0.4 Free ini adalah file asli masih tetap ada dan tidak berubah ukuran filenya karena hasil dari pengecilan berupa file baru dengan ukuran yang lebih kecil sehingga apabila membutuhkan file pdf dengan ukuran dan resolusi besar kita bisa menggunakan file asli kita.

by. Angga Sugiarto, SST, M.Kes (Artikel pernah dimuat di buletin SDM Kesehatan PPSDM Kesehatan KEMENKES RI edisi Desember 2015)




    Silahkan tinggalkan komentar disini :)

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: